200 Warga Divaksin di Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga

By Al


nusakini.com - Jakarta - Sebanyak 200 warga usia 18 tahun ke atas menjalani vaksinasi di Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur Vaksinasi ini dilakukan sejak Senin (14/6) kemarin dengan target sasaran 20 ribu jiwa.

Lurah Rawa Bunga, Agustina mengatakan, layanan vaksinasi di Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga dilakukan setia hari, mulai pukul 08.00 sampai 12.00. Saat ini fokusnya adalah untuk warga usia 18 tahun ke atas.

Sebelumnya, jelas Agustina, vaksinasi lansia di wilayahnya sudah berjalan, dari 2.900 orang sudah divaksin 2.500 sisanya sudah tidak tinggal di Rawa Bunga atau sedang pergi ke rumah saudaranya. Kemudian RW kumuh di RW 01, 05 dan 06 juga sudah divaksin.

"Jumlah warga Rawa Bunga sekitar 25 ribu jiwa di sembilan RW. Untuk lansia dan RW kumuh warganya sudah divaksin terlebih dulu. Saat ini giliran warga usia 18 ke atas yang mulai divaksin di Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga," kata Agustina.

Untuk mensukseskan program vaksinasi, kata Agustina, pihaknya sudah menyosialisasikan kepada pengurus RT/RW dan seluruh elemen kelembagaan yang ada agar menggerakkan warganya datang ke Puskesmas Kelurahan Rawa Bunga untuk mendapatkan vaksin.

Kepala Puskesmas Rawa Bunga, Susi Dianty menambahkan, untuk mendukung pelaksanaan vaksinasi ini pihaknya mengerahkan 15 tenaga kesehatan. Mereka dibagi dalam dua tim, yakni untuk di tenda dan di dalam gedung.  

Di dalam gedung puskesmas juga disiapkan Mini ICU untuk antisipasi jika terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Sejauh ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan vaksinasi ini.

"Sebelumnya kita kasih penyuluhan ke warga soal vaksinasi ini. Setiap hari kita lakukan layanan vaksin di puskesmas dari pukul 08.00 hingga 12.00. Target 200 orang per hari Insya Allah tercapai," tandasnya.